Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

BERJALAN SUKSES, LPPM IAK SETIH SETIO MUARA BUNGO LAKUKAN MONEV MAHASISWA KKU DI TIGA DAERAH BERBEDA

IAK Setih Setio – Muara Bungo, 26 Agustus 2023 Pukul 19.00 WIB, Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian  Kepada Masyarakat (LPPM) tiba di Kampus Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio (IAKSS) Muara Bungo.

Dalam beberapa hari ini LPPM IAK Setih Setio melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (MONEV) ke- 3 daerah yang berbeda, yaitu Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo dan Kabupaten Merangin.

Kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan sebagai bagian dari prosedur kegiatan yang telah disusun dalam buku panduan KKU Tahun 2023. Tujuannya untuk meninjau kesesuaian kondisi di lapangan.

Pada tahun 2023 ini LPPM IAK Setih Setio melepas sebanyak 7 Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Usaha (KKU) di 3 Kabupaten tersebut, yang telah dilepas secara resmi pada 17 Juli 2023.

Baca Juga :  UKMI ARRAHMAN IAKSS MUARA BUNGO SUKSES ADAKAN LATIHAN KADER DASAR DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DUSUN SENAMAT ULU

7 Kelompok mahasiswa ini diberikan tugas pengabdian di lokasi dengan berbagai item yang telah ditentukan, sebelumnya mereka juga telah diberikan pembekalan pada 12 Juli 2023.

Beberapa item yang menjadi tanggung jawab mahasiswa pengabdian mulai dari kegiatan sosial masyarakat, pemerintahan desa hingga pelaku UKM di lokasi posko.

Tiap-tiap kelompok juga diberikan 2 pendamping atau disebutkan dalam buku panduan yaitu Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai pengontrol kegiatan yang akan berlangsung di lapangan.

Sementara selama LPPM IAK Setih Setio Melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi dalam beberapa hari, kondisi di lapangan hampir seluruhnya sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan.

Baca Juga :  Bidang Akademik IAKSS Adakan Bimtek Portal Kampus untuk Dosen

Memang tidak semua kelompok mahasiswa mendapatkan fasilitas yang sama, akan tetapi keberhasilan mereka dalam membawa misi pengabdian sudah sesuai dengan panduan yang ada.

Masing-masing kelompok mahasiswa sangat aktif dan kompetitif dalam menjalankan program kerjanya, apalagi mereka juga diberikan tanggung jawab untuk update di sosial media, sehingga Tim LPPM dapat memantau kegiatan harian mereka.

Meskipun disisi lain ada beberapa temuan masalah komunikasi yang sulit untuk diurai, tetapi masih sangat kondusif untuk dijalankan sampai selesa.

Kepala LPPM Tarjo, S.Sos., M. AB menyatakan bahwa selama kegiatan KKU Berlangsung mahasiswa dan Dosen telah diberikan bekal yang cukup dan harapannya mereka dapat melakukan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :  UKMI ARRAHMAN IAKSS MUARA BUNGO SUKSES ADAKAN LATIHAN KADER DASAR DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DUSUN SENAMAT ULU

“Jadi tujuan kita melakukan monitoring dan evaluasi beberapa hari ini untuk memastikan kondisi dilapangan, apakah benar-benar sesuai dengan yang ada pada pedoman dan pembekalan yang kita lakukan atau tidak, selain itu juga kita memastikan apakah di lapangan ada temuan-temuan lain baik konflik internal atau tidak.”

“Dan Alhamdulillah sejauh yang kita lakukan di beberapa posko mahasiswa tidak ada hal-hal yang menimbulkan konflik besar kita dapati, justeru hampir rata-rata mereka berhasil bersosial masyarakat dan menjalankan peran mereka dengan berbagai macam program kerjanya.”  Ujar Kepala LPPM IAK Setih Setio Muara Bungo Tarjo, S.Sos., M.AB dalam wawancara singkat.