Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

UKMI ARRAHMAN IAKSS MUARA BUNGO SUKSES ADAKAN LATIHAN KADER DASAR DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DUSUN SENAMAT ULU

IAK Setih SetioUnit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ar Rahman Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio (IAK SS) Muara Bungo, sukses menggelar dua acara di Dusun Senamat Ulu Kabupaten Bungo, Jambi. Acara tersebut berupa Latihan Kader Dasar (LKD) dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang brlangsung pada 8-10 Februari 2024.

UKMI Gelar LKD dan Isra’ Mikraj

Sebelumnya, rundown acara LKD  sudah disusun tim panitia. Namun, karena bertepatan dengan Isra Miraj Nabi Muhammad Saw., maka susunan acara pun menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lokasi. Semua anggota UKMI Ar-Rahman kemudian menerima undangan Isra Miraj selama dua hari berturut-turut, yaitu di Mushola Baiturrahman Dusun Seberang dan di Masjid Silaturahmi Dusun Tengah.

Menurut M. Muarifin, Ketua UKMI Ar Rahman, hal tersebut Insya Allah tidak mengurangi esensi LKD. Kegiatan bersama dengan masyarakat dusun juga merupakan bagian dari pengkaderan anggota UKMI Ar-Rahman. Dalam LKD semua aktifitas harus dilandasi niat beribadah kepada Allah Swt.

Ruang Lingkup Kegiatan LKD IKMI IAKSS

Program kegiatan LKD, diantaranya belajar sosial kemasyarakatan baik antar anggota maupun dengan lingkungan setempat,  belajar menjalin keakraban dan kekompakan yang solid, , disiplin menjaga solat lima waktu secara berjamaah, berzikir, halaqoh Alquran, belajar menyampaikan tausiyah agama dan juga belajar peduli dengan masjid setempat dengan menyelenggarakan aksi kebersihan Gerakan Masjid.

Kegiatan LKD diakhiri dengan mengucapkan janji bersama untuk setia sebagai Sahabat UKMI Ar Rahman yang dipimpin langsung oleh Bapak Ade Sofa, S.Ag., M.S.I., selaku pembina UKMI Ar Rahman. Diharapkan setelah pengkaderan para sahabat UKMI Ar Rahman akan bisa memotivasi diri secara positif,  lebih berprestasi, lebih bermanfaat, dan semakin lebih baik beribadah. Berilmu dengan dilandasi keimanan, Insya Allah sukses dunia dan akhirat, Aamiin.

Sebelum pulang, UKMI Ar Rahman mengadakan tadabur alam menikmati panorama alam indah Senamat Ulu. Di sana terdapat bukit-bukit yang menjulang eksotik dengan aliran sungai nan jernih dihiasi batu-batu sungai yang artistik sebagai wujud keindahan ciptaan Allah yang Maha Agung. Para mahasiswa UKMI Ar Rahman juga disuguhi durian yang melimpah karena di dusun itu sedang musim panen raya durian. Hal itu tentu disambut antusias dan rasa terimakasih mahasiswa atas keramahan seluruh warga Dusun Senamat Ulu.

Selamat dan sukses untuk para Sahabat UKMI Ar Rahman. Semoga Allah Swt. Senantiasa membimbing Sahabat dengan iringan ridha dan rahmat-Nya. Allohumma Aamiin.

Penulis : Ade Sofa, S.Ag.,M.S.I